Tutorial - Background Noise Reduction

    Author: kajian sunnah Genre: »
    Rating


    Bismillahirrahmanirrahim.

    Berikut adalah sedikit sharing saja, noise reduction, menghilangkan noise di background pada rekaman. Semoga bermanfaat.

    Software audio editing yg populer menurut saya ada 2, Adobe Audition dan Audacity. Audition berbayar, Audacity gratis, maka kali ini kita pakai yg gratis. Bagi yang ingin download software gratisnya, bisa download disini

    Namun sebelumnya ada beberapa catatan:
    [1] Saran pribadi dalam sound editing adalah menggunakan headset yg baik. Agar kita bisa benar2 peka terhadap hasilnya nanti. Headset ada yg puluhan ribu sampai jutaan, tapi kalau saya pribadi di rumah pakai merk Logitech H110 alhamdulillah sudah cukup bagus.  
    [2] Untuk rekaman tipe speech, bincang2, kebanyakan membuat filenya dibuat mono, bukan stereo. 

    Begini tutorial singkatnya:

    [1] Buka file yg dituju. Drag and drop juga bisa. Setelah dibuka akan terlihat grafis nya. 
    Untuk zoom, tahan [Ctrl] + Mouse scroll


    [2] Rekaman ini dalam bentuk stereo, maka kita convert dulu dari pilihan:
    Tracks > Stereo Tracks to Mono



    [3] Setelah file dibuka, silakan zoom sampai daerah yg dirasa harusnya hening. Daerah sekitar lembah diantara bukit spt digambar.
    Nah, di file sample ini, yg saya select punya gerigi kecil. Padahal seharusnya tergambar garis tipis. Kalau tipis menandakan tidak ada suara alias hening.
    Sedangkan di file ini, masih ada gerigi2nya kan. Nah, itulah background noise. Ada suara semacam "zzzz....". Itu yg ingin kita hilangkan


    [4] Setelah menselect bagian yg harusnya hening tadi, usahakan kena bagian noisenya aja, buka:
    Effect > Noise Removal



    [5] Habis itu pilih:

    Get Noise Profile


    [6] Otomatis program menyimpan Noise Profile kita. Nah, sekarang unselect bagian tadi, atau ga usah milih bagian apa2. Buka lagi:
    Effect > Noise Removal


    [7] Sekarang kita pilih tombol OK saja. Sekarang audacity akan langsung menghilangkan noise di seluruh track, berdasar noise profile yg sudah didapat.


    [8] Jadilah track sekarang lebih bersih, pertandanya daerah bergerigi tadi sekarang sudah berupa garis tipis. Ini berarti noisenya sudah dibersihkan.


    [9] Sekarang kita pilih:
    Effect > Normalize
    untuk membuat track tidak lebih dari skala 1 yg bisa membuat effect clipping atau terlalu keras.


    Teknik ini bisa digabungkan dengan editing video. Baiknya, saat rekaman, untuk video camcorder sendiri, untuk audio recorder sendiri. Audio diletakkan dekat dengan pembicara. Baru nanti dibagian editing digabungkan. Dengan begitu, insya Allah suara yg dihasilkan akan lebih keras dan jelas. . Kecuali hasil suara dari camcordernya sudah bagus, maka silakan.

    Tambahan: sy bukan master audio video, hanya saja mungkin sy sedikit lebih tau dari yg tidak tau. Kalau ada ktitik, saran, tambahan, silakan.
    Demikian tutorial background noise reduction singkat ini.
    Semoga yg sedikit ini bermanfaat.

    Barakallahu fiikum.

    Bebas dibagikan, hanya saja baiknya cantumkan sumbernya disini
    Ditulis oleh sahabat kami, Abdul Rokhman As-Syukur

    http://audio-kajian.blogspot.com/

    Leave a Reply